Header Ads

Makalah Hak dan Kewajiban Seorang Muslim




Islam adalah agama yang paling benar dan diridhai oleh Allah, sebagaimana tertuang dalam Al Qur’an Surah Ali Imran ayat 19 : ”innaddina indallahil islam……”  Sesungguhnya Agama yang diridhai disisi Allah hanyalah Islam…. Jelas sudah tidak ada keraguan lagi untuk kita memeluk Islam. Islam adalah jalan hidup bagi yang diberi petunjuk, Islam juga sebagai solusi bagi segala aspek kehidupan. Semua permasalahan di dunia ini dijawab semuanya oleh Islam melalui Kitab Suci Al Qur’an. Tidak hanya kaum Muslimin saja yang mengakui kehebatan Islam bahkan orang-orang kafir dan musuh-musuh Islam pun mengakui kehebatan dan kemuliaan Islam. Hanya saja mereka tidak diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga mereka tetap berada dalam kekafirannya.

Islam mengatur segala aspek kehidupan manusia termasuk salah satunya masalah hak dan kewajiban . Hak adalah sesuatu yang dapat memberi keberuntungan  pada diri seseorang  dan sekaligus memberi beban dan tanggung jawab  pada pihak lainnya. Adapun kewajiban memiliki makna yang sebaliknya, yaitu adanya beban dan tanggung jawab pada diri seseorang yang sekaligus akan  menjadi hak pada pihak  lainnya. Hak dan kewajiban pada umumnya bersifat seimbang  antara pemilik hak dan penanggung kewajiban yang pada suatu saat pemilik hak sekaligus menjadi penanggung kewajiban, demikian pula penanggung kewajiban akan sekaligus menjadi pemilik hak dalam bentuk yang lain.

Bagi umat Islam hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang sangat penting. Banyak dalil-dalil yang mengungkapkan tentang hak dan kewajiban seorang muslim terhadap muslim lainnya. Dengan mengetahui hak dan kewajibannya maka akan lebih memperkuat ukhuwah islamiah.

Untuk lebih detailnya pembaca bisa download Makalah Hak dan Kewajiban Seorang Muslim.


Comment with your Facebook


No comments

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Powered by Blogger.