Header Ads

Mendengarkan Radio Streaming Di Ponsel

Semua berawal "rasa iri" pada teman-- Itulah awalnya kenapa saya menulis artikel ini. Tapi "rasa iri" itulah yang menyebabkan saya merasa bahagia. Mungkin kedengarannya aneh....

Jadi ceritanya begini. Suatu pagi saya kebetulan kebagian tugas siaran berdua sama teman saya. Saat itu kita berdua lagi ngomongin radio streaming. Kemudian dia mencoba radio streaming di HP Blackberrynya. Nah saat itulah timbul "rasa iri",bukan iri karena hapenya BB tapi saya juga ingin mendengarkan radio streaming di handphone. Sayangnya hape saya bukan BB tapi hape jadul Nokia 6300. Tapi saya tetap ngotot ingin mendengarkan radio streaming di hape saya. Dalam pikiran pasti ada sebuah sofware/aplikasi buat dengerin radio streaming di hape seperti punya saya.

Pulang ke rumah saya langsung nanya ke mbah google, apakah ada aplikasi buat radio streaming yang support di hape saya. Beberapa website dikunjungi, beberapa keyword saya berikan sama mbah google. Tapi semuanya gak bisa ngasih solusi. Saya pun hampir putus asa, hingga akhirnya menemukan apa yang dicari.


Namanya MF Radio. Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus untuk mendengarkan radio streaming di handphone. MF Radio memberikan kemudahan bagi penggunanya karena bisa menginput URL radio streaming secara manual. 

Bagi yang ingin mencobanya bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
  1. Download Aplikasinya disini.
  2. Masukan aplikasi tadi ke handphone.
  3. Buka Aplikasinya. Akan tampil beberapa URL radio streaming bawaan aplikasi tersebut. 
  4. Selanjutnya buka menu "Pilihan" yang tampil di handphone anda.
  5. Pilih "Add", Isi "Title" dengan nama station radio favorit anda, isi "Link" dengan alamat/URL streaming radio tersebut. Saya contohkan Radio MG 103,3 FM Ciamis. Title: Radio MG 103,3 FM Ciamis, Link: http://live.mgfmciamis.com:8024
  6. Tekan "OK". Akan tampil Nama station radio yang anda masukan tadi.
  7. Lalu tekan "Play". Tunggu sampai Buffring selesai. Dan radio favorit anda pun bisa anda dengarkan di handphone ada.
Nah, sekarang kemanapun anda pergi walau sampai ke luar negeripun anda bisa tetap mendengarkan radio favorit anda di handphone anda dengan fasilitas live streaming.

16 comments:

  1. Gara2 sirik ka si sony...hahahaha...
    tapi tengkiyu kawan..gara2 elu, gue jadi kreatif.......

    ReplyDelete
  2. Buat Ponsel 3120 C ama 6120c Bisa g gan??? makasih Infonya ya, :)

    ReplyDelete
  3. Bisa.. Asalkan setingan koneksi internetnya sudah benar dan jaringan internetnya stabil..Kalau ada buffring itu wajar,jangankan internet ponsel internet biasa aja kaya speedy kadang ada buffring..cuman syaratnya encoder di radionya (di server studio radio), formatnya harus MP3. Kalau formatnya AAC susah,karena membutuhkan koneksi internet yg besar...
    thank's..

    ReplyDelete
  4. maturnuwon kang...

    ReplyDelete
  5. tapi mas, suka error waktu koneksi. kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. Jika koneksinya error, ada kemungkinan koneksi internetnya yang tidak stabil. Atau bisa juga format streaming dari radio tersebut bukan MP3. Jika bukan MP3 sangat sulit di akses di HP, karena bandwidth yang dibutuhkan cukup besar..

    ReplyDelete
  7. dpt tugas dari Bos utk cari info ttg cara streaming radio pake HP, setelah putar kesana kemari (kyk ayu ting ting cari alamat) akhirx mentok juga di sini, thanks Bro

    ReplyDelete
  8. Sipp Infonya

    Dengerin Radio Terbeken FM Nonstop Musik Terbekn 24 Jam

    http://radio.terbeken.com

    Download Aplikasi utk BB:

    http://appworld.blackberry.com/webstore/content/57758890/?countrycode=ID&lang=en

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Powered by Blogger.