Header Ads

Kosakata Sunda Khas Ciamis

Ciamis merupakan sebuah kabupaten yang ada di wilayah Jawa Barat. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk serta masyarakatnya yang ramah adalah ciri khas Ciamis yang terkenal dengan sebutan Tatar Galuh.
Sebagai bagian dari provinsi Jawa Barat mayoritas masyarakat Ciamis adalah suku Sunda. Meski demikian ada beberapa daerah yang masyarakanya menggunakan bahasa Jawa, terutama daerah perbatasan seperti di daerah Pamarican.

Meskipun bahasa resminya bahasa Sunda tetapi Ciamis memiliki beberapa kosakata bahasa Sunda yang khas. Seperti dilansir dari halaman facebook Ini Mah Ciamis, ternyata di Ciamis memiliki kosakata bahasa Sunda yang khas yang tidak dimiliki daerah lain di Jawa Barat. Berikut diantaranya seperti dipublikasikan oleh halaman Ini Mah Ciamis :
  1. Deng - Biasanya diucapkan agak panjang. Merupakan ungkapan keprihatinan.
  2. Kalagian - Artinya Sinarieun, bisa diartikan "Tumben" dalam bahasa Indonesia.
  3. Pangaruh - Kata yang diucapkan ketika mupuas batur.
  4. Koh - (bukan kata panggilan untuk kakak laki-laki kekerabatan Tionghoa). Kata tambahan diakhir pertanyaan. Artinya mirip dengan "Geuning"
  5. Belengep - Sebutan untuk orang bodoh. Artinya kurang lebih sama dengan "Belegug"
  6. Gebloh - Sama dengan "Belengep"
  7. Gen - Dekat dengan kata "Oge" atau "Ge" hanya ditambah "n". Dalam bahasa Indonesia artinya "Juga"
  8. Nista - Artinya Kaleuleuwihi. Biasanya diucapkan untuk sesuatu yang berlebihan.
Setelah diposting sekira tiga hari yang lalu (20/3/2016) kosakata ini banyak mendapat respon dari para netizen. Dari pantauan Alfamedia, Kosakata ini sudah di share ulang para netizen sebanya lebih dari 1.300 kali. Dari sekian banyak kosakata khas Ciamis, yang paling banyak mendapat tanggapan adalah kosakata "HAGEUY". Kosakata ini mendapat sebanyak lebih dari 140 komentar dan dibagikan sebanyak 26 kali. Kosakata "Hageuy" memang terbilang unik, karena kosakata ini hanya bisa ditemui diwilayah Ciamis bagian Timur, seperti Rajadesa, Rancah dan Tambaksari. Bahkan konon kosakata ini radiusnya mencapai wilayah kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap. Wilayah Cilacap bagian barat memang masih terpengaruh budaya sunda sehingga bahasa dan adatnya pun banyak dipengaruhi budaya Sunda.

Itulah sekilas tentang keuningan bahsa yang ada di Ciamis. Bahasa adalah budaya bangsa. Mari kita "Mumule" budaya Sunda untuk kejayaaan Ki Sunda.

Sumber : #IniMahCiamis

12 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Powered by Blogger.